Kamis, 14 Juli 2011

Recap Transfer Musim Panas 9-15 Juli

Setiap Jumat efektif setiap pada musim transfer G15 Soccer akan menerbitkan review tentang transfer-transfer yang terjadi pada minggu tersebut. Kita akan memulai dengan minggu ini.

Kita akan memulai dengan sepak bola Inggris. Tepatnya rumor transfer kiper muda David Stockdale. Kiper muda Inggris yang satu ini di rumorkan ingin hengkang dari Fulham dan menuju Swansea. Pihak Fulham mengatakan transfer Stockdale hanya merupakan pinjaman saja. Pelatih baru Fulham Martin Jol mengatakan bahwa dia tidak ingin menjual David Stockdale. David pun merupakan aset langka yang merupakan kiper muda Inggris yang menjanjikan. Pinjaman atau permanen, jika David Stockdale bermain di Swansea akan menguntungkan David sendiri. Apalagi jika ia bertahan di Fulham, ia akan menjadi kiper no2 di bawah kiper veteran asal Australia, Mark Schwarzer yang performanya sangat konsisten. Di Swansea, David dipastikan menjadi kiper no1 menggantikan Dorus de Vries yang hengkang ke Wolves. Juka kita lihat, ada sebuah tren bahwa kiper yang digunakan oleh timnas 'The Three Lions' bukanlah tim papan atas malah merupakan kiper dari tim-tim papan bawah dan juga papan bawah. Contoh, Robert Green bermain untuk West Ham, Ben Foster waktu itu bermain Birmingham City, pada PD 2010, David James bermain untuk Portsmouth dan juga Scott Carson sebelum pindah ke klub Turki bermain untuk West Brom. Saya sendiri kurang suka dengan tren ini karena kiper-kiper ini belum merasakan sepak bola papan atas. Usia David masih muda, jadi menjadi kiper no1 sebuah klub di EPL merupakan langkah pertama jika ingin menjadi kiper no1 di klub papan atas. Jika langsung menuju ke tim papan atas seperti Arsenal dan Manchester United, David tidak akan bertahan. Jadi saya cukup mendukung transfer ini.
Transfer kedua yang ingin saya bahas pindahnya Gervinho dari LOSC Lille ke klub ingris Arsenal. Gervinho. Salah satu winger terbaik yang di punyai timnas Pantai Gading cukup bersinar pada musim lalu. Apa lagi, ia bersama pemain muda Eden Hazard memenangkan League one bersama LOSC Lille membua Lille adalah klub perancis yang paling sering dibahas akhir akhir ini. Gervinho pada awal musim transfer, Gervinho sudah dirumorkan untuk pindah kepada beberapa klub papan atas. Gervinho merupakan pemain yang sangat bagus untuk Arsenal namun jika kita lihat roster Arsenal, Gervinho harus bersaing dengan Theo Walcott dan jika menggunakan formasi 4-2-3-1 dia juga bersaing dengan Samir Nasri. Gervinho jugapun bisa bermain sebagai striker tengah. Walau serba bisa, langkah Arsenal membeli Gervinho saya prediksi adalah sebuah langkah panik karena Arsenal sendiri dipusingkan oleh rumor kepindahan sang kapten Cesc Farbegas menuju Barcelona. Seharusnya, Arsenal berbenah dan memfokuskan dana dalam membeli pemain di sisi Belakang dan membeli kiper. Gervinho pun bukan pemain yang murah. Jadi walau Gervinho merupakan pemain yang menjanjikan, langkah ini tidak cocok untuk Arsenal pada waktu seperti ini.
Transfer ketiga yang akan saya bahas adalah hengkangnya Jerome Boateng dari Manchester City menuju Bayern Munich. Tahun lalu, Jerome Boateng di hebohkan dengan transfer dari Hamburg menuju Manchester City setelah PD 2010, Jerome Boateng cukup dihebohkan. Namun setelah berada si Manchester City, ia mengalami masalah cedera dan juga tidak bermain maksimal. Dia kurang bersinar di Manchester City. Malah Aleksander Kolarov yang lebih bersinar. Pada akhir musim 2011, ia mengatakan bahwa ia ingin hengkang dari Manchester. Manchester City saya rasa merupakan tim yang cukup kuat tetapi hal yang masih perlu diperbaiki oleh manajemennya adalah transfer yang dilakukan citizen harus bedasarkan dengan taktik atau bedasrkan membangun aset pemain muda. Bukan uang dan gengsi. Makanya, Manchester City harus mempunyai pelatih yang cukup aktif dan tidak ragu untuk menyodorkan keiinginanya seperti Jose Mourinho dan Luis Felipe Scolari. Tidak yang berkepala dingin seperti Roberto Mancini. Walau begitu, apa yang sudah terjadi, sudah terjadi. Kepindahan Jerome ke Bayern Munich cukup menguntungkan tidak hanya untuk Jerome tapi untuk Bayern karena mereka butuh berbenah di sisi belakang dan Jerome sendiri sudah tidak asing dengan sepak bola jerman. Jadi saya menganggap transfer ini sebagai transfer yang positif.
Terakhir saya akan membahas tentang rumor kepindahan Wesley Sneijder dari Inter Milan menuju Manchester City. Sudah ada kabar dari pihak Inter bahwa Wesley sudah diberi lampu hijau untuk menuju Manchester United. Setelah kabar ini keluar, respons Sir Alez Ferguson malah menyangkal dengan kedatang seorang Wesley Sneijder di Old Tradfford. Saya sendiri tidak keberatan dengan transfer ini. Dengan banderol 35 Juta Poundsterling, untuk pemain sekaliber Sneijder cukup murah. Juga, jika dilihat, gaya bermain Sneijder mirip dengan gaya main Rafael Van Der Vaart yang langsung nyetel dengan gaya bermain Inggris. Dia juga pun pemain belanda. Apalagi, Manchester United memerlukan seorang pengatur serangan apalagi setelah pensiunya Paul Scholes. Namun jika dilihat statusnya yang kurang jelas seperti ini, transfer ini kemungkinan besar tidak terealisasi.
Selain 4 transfer di atas, masih banyak hal yang terjadi di dunia transfer Eropa. Pihak Arsenal dan Barcelona pun masih 'berebutan' jasa Cesc Farbegas. Tensi memanas setelah Xavi mengatakan bahwa Farbegas 'menderita' di Arsenal. Pernyataan ini langsung dibantah oleh Arsene Wenger. Pilihan yang peru di pilih oleh Cesc cukup berat antara pleasure dan loyalty. Selain itu, Javier Pastore juga dikabarkan sudah sepakat dengan AC Milan namun belum ada pernyataan ofisial dengan kedua pihak tentang hal ini.
Kiper AS Roma Doni sudah pindah menuju Liverpool yang masih mengejar winger Aston Villa Stewart Downing. Kieran Dyer meninggalkan Upton Park dan menuju Loftus Road (QPR) yang baru terpromosikan ke EPL. Bek inti Birmingham City hengkang dan menuju Wolves yang masih bertahan di EPL. Djibril Cisse yang saya karirnya sudah habis setelah ia pindah ke Pananthinakos pindah dan menuju Lazio. Seperti ia dibangkitkan kembali dan akhirnya eks pemain Real Madrid Jonathan Woodgate pindah dari Tottenham ke Stoke City. Dulunya dilihat sebagai salah satu bek terbaik Inggris dan sejak pindah ke Tottenham, ia kesulitan dengan masalah cedera sepertinya mendapatkan kesempatan sekali lagi di Britannia Stadium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar