Kamis, 21 Juli 2011

Recap Transfer Musim Panas 16-22 Juli

Minggu ini, transfer window semakin ramai saja dan semakin heboh dengan transfer besar-besaran terjadi minggu ini. Dimulai dengan transfer seorang Stewart Downing dari Aston Villa menuju Liverpool. Sejak masanya id Middlesbrough, Stewart Downing sudah di label sebagai winger paling menjanjikan di tanah britania dan sekarang salah satu aset winger terbaik yang dimiliki oleh 'The Three Lions'. Dengan gayanya yang kurang mempunyai flair tapi efektif, Downing merupakan senjata mematikan JIKA digunakan dengan benar. Gaya bermain Liverpool di era Kenny Dalglish di cukup cocok dengan gaya bermain seorang Stewart Downing. Stewart Downing pun bukan pemain yang murah. Jika dilihat skuad yang dimiliki Liverpool sekarang, saya rasa depth di dalam tim itu sendiri sudah ada. Apalagi dengan tambahan Charlie Adam juga membuat pekerjaan seorang Steven Gerrard lebih mudah. Pemain-pemain yang dimiliki Liverpool saya rasa cukup bagus tapi, King Kenny harus bisa menggunakan pemain-pemain tersebut dengan effektif jadi bisa memaksimalkan performa Liverpool. Hanya perlu di hati-hatikan oleh Liverpool bahwa pemain baru tidak langsung nyetel jadi harus ada kesan kesabaran dari pelatih dan fans. Liverpool saya rasa dengan amunisi sekarang tidak boleh dianggap remeh oleh tim-tim lain.
Transfer kedua adalah kepindahan Shay Given dari Manchester City menuju Aston Villa. Setelah kepindahan Brad Friedel menuju Tottenham, ada lubang yang perlu ditambal oleh pelatih Alex McCleish. Shay Given juga tidak senang di Manchester City apalagi tahun lalu, ia tidak sempat membuat appearance dengan The Citizen. Given adalah salah satu kiper yang fantastis yang dimiliki klub Inggris manapun dan pengalamanya sudah tidak ragukan lagi. Belum ada kiper Irlandia yang bisa menyamai performa seorang Shay. Shay hampir membuang karirnya sewaktu pindah ke Citizen padahal di Newcastle, peranya tidak tergantikan. Tidak habis pikir mengapa Shay ingin pindah. Namun di Aston, peranya dipastikan hanya cedera harus diperhatikan karena usia Shay yang sudah tidak muda lagi. Walau begitu, transfer ini merupakan win win situation antara pihak Aston Villa dan pihak Shay Given sendiri.
Transfer ketiga adalah transfer yang sudah berumor jauh sebelum Copa America dimulai . Ya, transfer seroang Alexis Sanchez dari Undinese menuju Barcelona setelah Agen Alexis sudah menumui persetujuan dari pihak Barcelona. Alexis Sanchez merupakan gelandang top dunia yang mempunyai kecapatan, ketangkasan dan kepintaran level tinggi sudah menjadi bidikan klub-klub ternama namun, Transfer menuju Barcelona mungkin tidak akan mendongkrak performa Barcelona. Saya rasa, kedatang Alexis menuju Barcelona bukan karena untuk melengkapi taktik Barcelona tapi untuk media. Alexis mungkin salah satu winger top tetapi apakah Barcelona memerlukan seorang Alexis. Tidak dengan skema 4-3-3, sudah ada nama Lionel Messi di posisinya yang merupakan pemain terbaik dunia dan juga Bojan yang juga bisa bermain di posisi tersebut. Namun transfer ini menguntungkan untuk Alexis karena bisa mendongkrak performanya karena di Undinese, ia sudah mempunyai 'comfort zone' namun di Barcelon ia harus bisa bekerja lebih keras lagi dengan saingan-saingan beratnya jadi jika Pep Guardiola cukup sabar, Alexis bisa menjadi cukup mematikan tetapi ini tidak bisa keluar secara instan.
Transfer-transfer lain yang terjadi minggu ini juga cukup heboh. Seperti kepindahan Denilson yang tidak betah di Arsenal dipinjamkan ke Sao Paulo. Ini merupakan pilihan tepat karena Denilson jarang tampil musim lalu dengan Arsenal dan merupakan gelandang serbabisa yang bertalenta. Juga Ezequiel Garay yang sulit untuk mendobrak starting 11 Real Madrid pindah ke Benfica. Ada juga nama seorang
Fernando Muslera yang merupakan pemain kunci Uruguay di Copa America 2011 yang sangat gemilang performanya dengan Uruguay dibawah mistar. Ia pindah dari Lazio menuju Galatasaray. Bukan transfer yang ideal untuk Fernando Muslera karena Galatasaray kurang bisa melonjak kariernya apalagi umur Muslera cukup muda (25 Tahun) namun jika gemilang di Galatasaray, akan mudah ia bersinar kembali. Jo juka pindah dari Manchester City menuju Sport Club Internacional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar